Aplikasi
Teori dalam bentuk RPP
Rencana Pelaksanaan Pengajaran
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester/Usia :
VIII/Ganjil/14 Tahun (Operasional Formal)
Peminatan : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi
Pokok : Suhu dan Kalor
Alokasi
Waktu : 2 x JP
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan
optik
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.8 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada
kehidupan sehari-hari
Indikator:
· Menjelaskan
pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan
sehari-hari
· Menerapkan pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada
kehidupan sehari-hari
· Menganalisis
pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan
sehari-hari
·
Menyimpulkan hasil percobaan perpindahan kalor pada benda
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki
karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
Indikator:
· Memahami
dan mengolah data pengukuran.
· Membuat
laporan tertulis hasil praktik
·
Mempresentasikan hasil percobaan
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
-
Siswa dapat mengidentifikaasi perubahan
wujud zat benda.
Pada
hal ini didasarkan pada teori
perkembangan kognitif Jean Piaget yaitu di tinjau dari umur anak yang
memasuki tahap perkembangan oprasional formal. Pada tahap ini anak telah mampu
berpikir abstak. Pada saat menerima pelajaran anak mampu membedakan suatu jenis
perubahan zat dengan mengidentifikasi ciri-ciri benda tersebut.
-
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kalor
terhadap suhu dan perubahan wujud benda
Kata
oprasional menjelaskan juga didasarkan pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget karena pada tahap ini anak
yang berpikir secara abstak dapt lebih mengembangkan pemikirannya dengan
menjelasakan apa saja faktor yang
mrnyebabkan perubahan kalor dan wujud benda.
-
Siswa dapat menghitung kalor yang
diperlukan untuk menaikan suhu dan untuk mengubah wujud zat.
Selain
itu menghitung juga termasuk upaya pembelajaran
pada teori perkembangan kognitif dan bertujuan untuk meningkantakn daya
pikir anak dengan tujuan agar bakat Multiple
Intelligence semakin berkembang.
2.
Afektif
-
Siswa dapat membandingkan peristiwa
perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi.
Membandingkan memiliki
arti terdapat dua objek untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya. Kata ini
merupakan kata oprasional yang terdapat pada A4, yang bertujuan agar siswa
mampu membandingkan beberapa benda yang mengalami peristiwa perpindahan kalor. Dengan menggunakan contoh-contoh yang ada di sekitar
merupakan upaya agar siswa memahami materi. Hal ini juga dapat digunakan
sebagai cara mengatasi lupa dan jenuh
dalam belajar.
-
Siswa dapat mendiskusikan tentang contoh
peristiwa konduksi, konveksi dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kata
oprasional mendiskusikan dapat dijadikan sebagai
metode pembelajaran kognitif, dengan membentuk kelompok dalam mencari
solusi dari sebuah permasalahan maka diharapkan siswa dapat mengalami perkembangan nilai, sikap serta moral.
Dengan adanya diskusi bersama maka diharapkan pula terbentuknya konsep diri dan emosi dalam diri siswa.
3.
Psikomotorik
-
Siswa dapat mempraktikan perubahan wujud
zat pada benda.
Mempraktikan memiliki
arti melakukan atau melaksanakan. Kata ini merupakan kata kerja oprasional yang
terdapat pada P5, yang betujuan siswa mampu melakuhan atau melaksanakan teori
yang sudah dipelajari tentang perubanh wujud zat suatu benda. Pada hal ini
dapat dikembangkan teori tentang
perkembangan psikomotorik, siswa dengan memberikan dasar keterampilan.
Dengan memberikan kegiatan sederhana yang berhubungan dengan materi dan belum
dimengerti sebelumnya maka ketika telah dipaktikan diharapkan siswa mampu
memahami materi ajar yang berhubungan tersebut. Selain itu dengan mempraktikan
secara langsung menggunakan alat atau benda juga diharapkan siswa mengalai
perkembangan kreativitas dan diharapkan dapat mengatasi lupa dan kejenuhan
dalam belajar.
D.
Materi
Pembelajaran
Perpindahan
Kalor
Kalor berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda
yang suhunya rendah . Ada tiga cara perpindahan kalor: 1). Konduksi atau
hantaran, 2). Konveksi atau aliran, dan 3) Radiasi atau pancaran.
-
Konduksi atau hantaran, adalah perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan partikel.
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju kalor konduksi yaitu: 1). Beda suhu (Δt), 2). Ketebalan dinding (), 3). Luas permukaan (A), dan 4). Konduktivitas thermal
zat (k).
-
Konveksi atau aliran, adalah perpindahan kalor dari satu bagian fluida ke
bagian lain fluida oleh pergerakan fluida itu sendiri.
-
Radiasi atau pancaran, perpindahan energi kalor dalam bentuk gelombang
elektromagnetik. Persamaan laju kalor secara radiasi, sedangkan
persamaan untuk daya radiasi,
-
Pemanfaatan
radiasi, 1). Pendiangan/pemanas rumah, 2). Efek rumah kaca, dan 3). Panel
surya.
-
Asas Black,Hukum kekekalan energi untuk kalor menyatakan bahwa untuk
berbagai benda yang dicampur dan diisolasi sempurna terhadap lingkungan,
banyaknya kalor yang dilepas benda sama dengan banyak kalor yang diterima
benda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar